Sheet Masks / Masker Kertas Yang Bagus (Korea VS Jepang VS Taiwan) Review | Bahasa Indonesia

by - March 23, 2017

ENGLISH REVIEW - HERE

Halo semua, akhirnya aku bisa curi-curi waktu buat nulis lagi di blog. Entah mengapa akhir-akhir ini aku super sibuk dengan semua tugas yang aku kerjakan. Maklum, mahasiswa semester akhir (akhirnya bisa ngomong gini haha). Hari ini aku mau ngebahas soal sheet masks / masker kertas. I've been a fan of sheet masks since ages. Aku lebih pilih sheet masks ketimbang masker yang ada di jar atau masker yang bentuk pasta terus dikelupas, karena sheet masks itu lebih lembut dan menyegarkan banget buat kulit.

Satu hal yang perlu diingat adalah cara memakai sheet masks. Mungkin banyak orang yang sayang sama masker kertasnya, sampai akhirnya mereka bisa pakai si masker ini sampai berjam-jam. Tapi sepengetahuanku, sheet masks lebih baik digunakan hanya 15 sampai 20 menit saja, Aku pernah baca di salah satu instagram milik selebgram yang jualan makeup, dia bilang kalau kita pakai sheet masks itu terlalu lama, nantinya sheet masks malah akan menyerap kembali kelembaban yang telah menyerap ke kulit kita. Cuman aku belum nemu informasi yang lebih valid, jadi aku gak bisa bilang pendapat itu benar atau tidak. Tapi sebaiknya ikuti instruksi pemakaian saja ya!

Rata-rata masker Korea memiliki kadaluwarsa 3 tahun setelah tanggal produksi. Jadi tenggang waktu untuk menggunakannya cukup lama. Aku biasa memakai masker 1 sampai 2 minggu sekali.

Fyi, varian masker favoritku adalah Aloe Vera dan Cucumber.

Nah hari ini aku mau buat perbandingan masker Korea, Jepang, dan Taiwan yang aku pernah beli dan coba. Nanti di akhir post ini, aku bakal kasitau mana yang paling aku suka dan mana yang tidak aku suka. Enjoy!

 KOREA - THE FACE SHOP, ETUDE HOUSE, INNISFREE, NATURE REPUBLIC 

THE FACE SHOP THE REAL NATURE MASK
click to enlarge

Packaging aku suka, bahannya dof, varian dari masker ini adalah buah Pomegranate atau buah persik. Di ingredients ada tulisan bahasa Inggris, memudahkan kita untuk mengerti apa kandungan dari masker ini. Harga: Rp 13.000 - Rp 15.000 di Online Shop Indonesia.

Pros: Tekstur masker oke, lembut dan tidak kasar. Ukuran masker pas di wajah.  
Cons: Bau kurang enak dan kurang segar, mungkin karena variannya adalah buah Pomegranate. Pertama dipakai dingin, tapi lama kelamaan panas dan muka merah. 
Score: 6/10.
Mungkin aku harus coba varian lain ya biar fair. Sepertinya si Pomegranate tidak cocok untuk kulit kering.

ETUDE HOUSE 0.2 THERAPY AIR MASK
click to enlarge
Packaging simple dan cute, bahannya dof. Aku membeli dua varian, yang satu adalah Aloe Vera dan yang satu adalah Hyaluronic Acid. Di ingredients ada tulisan bahasa Inggris, memudahkan kita untuk mengetahui isi dari masker ini. Harga: Rp 15.000,- di online shop beautyglowing.
Untuk Varian Aloe Vera:
Pros: Bahan kertas tipis, sehingga menempel di muka dengan pas.  Air lumayan banyak. Ukuran masker pas di wajah,
Cons: Warna kertas masker agak kuning, teksturnya tidak terlalu lembut, Lubang untuk mata dan mulut kecil. Menurut aku pribadi, ini salah satu masker yang kurang cocok di aku. Saat dibuka pertama, baunya seperti minyak angin / balsem. Ketika dipakai, rasanya seperti pakai minyak angin di muka, panas. Pakai 5 menit gak tahan, akhirnya aku angkat.  Akhirnya mukaku merah.
Tapi mamaku gak kenapa-napa pakai ini, padahal muka dia sensitif. Mungkin tergantung cocok atau tidaknya si masker ke wajah seseorang.
Score: 4.5/10
Untuk Varian Hyaluronic Acid:
Pros:  Bahan kertas tipis. Air lumayan banyak. Dingin di wajah, semriwing. Ukuran masker pas di wajah.
Cons: Warna kertas masker agak kuning, tekstur tidak terlalu lembut. Lubang untuk mata dan mulut kecil. Yang ini lebih mending ketimbang yang Aloe Vera. Wangi masih seperti balsem / mint.
Score: 6.5/10


INNISFREE IT'S REAL SQUEEZE MASK
click to enlarge
Aku punya harapan yang tinggi sama masker Innisfree, soalnya masker ini di-rave banget sama banyak selebgram di Indonesia. Katanya bagus banget. Packaging dof,. Aku beli yang varian Aloe Vera. Di ingredients ada tulisan bahasa Inggris, memudahkan kita untuk mengerti isi dari masker. Harga: Rp 17.000,- di online shop beautyglowing.
Pros:Dingin dan menyegarkan di wajah. Dinginnya tahan lama, selama 20 menit dipakai, tetap dingin. 
Cons: Ekspektasiku terlalu tinggi sama ini. Ukuran masker agak besar sehingga bagian mulut ke bawah kurang pas (keridutan di wajah). Kertas sangat fragile sehingga mudah sobek. Baunya kurang enak, tidak segar.
Score: 7/10.

NATURE REPUBLIC REAL NATURE MASK SHEET
click to enlarga
Aku dapat ini dari sodara sebagai oleh-oleh dari Korea. Masker ini sulit didapatkan di Indonesia, karena kebanyakan online shop hanya menjual Etude House dan Innisfree. Aku mendapatkan varian Aloe Vera dan Madu. Packaging dof, ada penjelasan bahasa Inggrisnya untuk ingredients. Harga di Online Shop Indonesia: Rp 15.000,-
Varian Aloe Vera
Pros: Lembut di wajah, dingin, wanginya segar. Ukuran masker pas, bisa dibilang agak lebar karena sampai ke dagu. Tapi pas. Ukuran lubang mata dan mulut juga pas. Tekstur masker tebal.
Cons: Sensasi dingin di wajah tidak terlalu lama setelah pemakaian.
Nilai: 8/10
Varian Honey
Pros: Surprisingly bau madu, Entah kenapa saat kedua kali dicoba sensasi dingin lumayan bertahan. Ukuran masker pas wajah. Lembut dan dingin di wajah. Kertas masker agak tebal.
Cons: Sisa air masker sedikit.
Nilai: 8.5/10

 JEPANG - KOSE, SHISEIDO 

KOSE CLEAR TURN WHITE COLLAGEN MASK
click to enlarge
Masker Kose ini dijual tidak dalam bentuk satuan, melainkan dalam box yang berisi 5 buah masker. Aku beli ini di Taiwan, tapi maskernya merupakan produk Jepang. Semua tulisan di produknya adalah tulisan Jepang, jadi siap-siap google translate buat tau artinya ya! Pastinya tidak ada Bahasa Inggrisnya di ingredients. Agak susah sih, kalo gak ada Bahasa Inggris. Packaging terbuat dari plastik. Harga: sekitar Rp 125.000,-.
Pros: Ketika dipakai dingin dan segar.
Cons: Bentuk masker tidak pas sama muka, jadi ketika dipasang, kertas masker berkerut-kerut. Tekstur kertas kasar, karena kainnya lebih berserat dan berpori. Baunya agak aneh, agak chemical. Setelah kering, cairan yang menyerap ke muka kita jadi buat muka kita kesat, bukan lembab. 
Score: 6.5/10

SHISEIDO HYDROGEL MASK
click to enlarge
Aku beli ini di Jepang. Agak kaget ketika di buka karena gak ada airnya! Ternyata, ini semacam hydrogel mask yang bentuknya kaya plester yang menyerap panas kalau orang sakit (a.k.a Bye Bye Fever). Harganya aku lupa, Semua tulisan berbahasa Jepang, jadi mungkin akan kesulitan bagi kita untuk mengerti. Packaging terbuat dari kertas.
Pros: Bentuk masker pas di wajah. Ada kertas yang melapisi masker sehingga lebih higenis. Ketika digunakan, sangat dingin dan mint sensation-nya itu oke banget., Masker ini terbagi 2, bagian atas wajah dan bawah wajah, sehingga bisa pas. Tidak berbau. Tekstur masker kenyal dan tebal.
Cons: Kalau pakai kelamaan bakalan perih. Aku pernah kebablasan pakai sampai 25 menit, ketika ditarik kulitku berasa perih. 
Score: 8/10. Unique product!

 TAIWAN - MY BEAUTY DIARY 

MY BEAUTY DIARY ALOE VERA
click to enlarge
Masker ini aku beli waktu aku pergi ke Taiwan. Masker ini memang udah terkenal banget di Taiwan, dan di Indonesia sendiri sudah di jual My Beauty Diary versi Indonesia. Aku penasaran banget, akhirnya aku beli 3 box, 1 box yang edisi biasa, dan 2 box yang edisi khusus Taiwan. Satu box berisi 8 masker, dan harganya sekitar 200 NT sampai 300 NT. So affordable, rite? Ingredients-nya full Chinese, jadi akan menjadi kendala bagi kita kalau kita mau tau isinya.

Ini masker My Beauty Diary yang versi khusus di jual di Taiwan. Design-nya cute banget, dan ilustrasinya super lucu dan imut! Aku beli dua versi, yang satu adalah untuk melembabkan dan yang satu adalah untuk menyegarkan. Sama saja sih, sebenarnya.

Pros: Bentuk masker pas. Tekstur masker lembut, halus, namun kertasnya tidak tipis. Ada plastik pelapisnya, jadi tidak mudah sobek dan lebih mudah untuk dibuka. Masih ada sisa air yang banyak, jadi bisa disimpan dan dipakai lagi sisa airnya. Ketika dipakai, rasanya super dingin dan segar. Sensasi dingin lumayan tahan lama. Wanginya super enak dan segar. 
Cons: Lubang untuk mata dan mulut kecil. Air agak kental dan lengket. Ketiga varian berbeda varian, tapi sebenarnya rasanya sama saja. Untuk yang versi limited edition, tidak bisa didapat di Indonesia. 
Score: 9.5/10.


♡ KESIMPULAN 
Masker yang paling favorit: My Beauty Diary, Sisheido Hydrogel Mask, Nature Republic Real Natural Mask Sheet.
Varian favorit: Aloe Vera.
Masker yang paling mengecewakan: Kose Clear Turn White Mask, Etude House 0.2mm Mask, The Face Shop Mask.
Masker paling murah di kantong: My Beauty Diary (versi Taiwan ya.. yang di Indonesia mahal)

You May Also Like

4 comments

  1. packaging nya gemes gemes gitu yaaa hehehe

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
  2. WOA!!! THIS IS SUCH AN HONEST REVIEW. Trus komplit banget informasinya dan mudah dimengerti.

    My favorite is definitely innisfree and the faceshop, terutama kalau lagi breaking out gatau kenapa mereka paling manjur di kulit.

    xoxo,
    Margareta Vania
    Fashion and Lifestyle Blogger

    Follow or drop your comment at www.margaretavania.com

    ReplyDelete
  3. The face shop aku suka yg blueberry! Haven't tried the other yet but the blueberry is really good in my opinion. Terus yg My Scheming Limited Edition juga my fave, enak ya feels very light <3

    xx
    graciellashiaryn.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Nature republic yg aloe vera emang enak banget, wangi nya juga refreshing and calming. Nice review btw! ;)

    Regards,
    -Lady-
    missladysnote.blogspot.com

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L